Resep dan Cara Membuat Masakan Ayam Goreng Saos Teriyaki ala Restoran Jepang

No Comments

Masakan ayam goreng saus teriyaki sebenarnya merupakan masakan ayam yang berasal dari negeri sakura, Jepang. Namun saat ini orang Indonesia sudah lama mengenalnya dari restoran-restoran ala Jepang yang ada di sini. Selain menjadi negara dengan kemajuan teknologi paling pesat di kawasan asia, Jepang juga mempunyai resep masakan ayam terkenal yang berasal dari warisan leluhurnya. Masakan ayam saos teriyaki ini dibuat dengan cara dipanggang di atas wajan atau seperti kisi-kisi dari bahan besi. Kemudian ayam tersebut diberi saos teriyaki yang terbuat dari bahan utama seperti kecap, sake, serta gula pasir. Makanan ayam teriyaki ini juga sudah dikenal luas di seluruh dunia dengan sebutan chicken teriyaki.

resep masakan ayam goreng saos teriyaki

Jika Anda ingin mencicipi masakan asli Jepang chicken teriyaki tersebut tentunya harus merogoh kocek yang tidak sedikit bila  membeli di restoran-restoran besar yang ada di kota Anda. Ya kalau lidah Anda doyan dengan rasanya yang mungkin sedikit berbeda dengan kebanyakan masakan ayam nusantara. Namun akan mubazir jika Anda hanya sekedar ingin merasakan dan penasaran bagaimana rasa masakan ayam goreng saus teriyaki asli Jepang.


Namun Anda tidak usah berkecil hati apabila penasaran dengan citarasa masakan Jepang yang satu ini, Anda bisa membuat masakan ayam goreng teriyaki sendiri di rumah tanpan harus mengeluarkan biaya yang mahal seperti di restoran Jepang, toh saat ini juga sudah ada saus teriyaki instant yang dijual di supermarket. Anda hanya perlu mengikuti petunjuk step by step resep dan cara membuat masakan ayam goreng saos teriyaki dari Chef Ayam di sini. Baiklah berikut bahan-bahan serta cara membuatnya.

Resep Ayam Goreng Saus Teriyaki

Bahan-bahan:


  • 400 gr paha ayam tanpa tulang
  • 1 siung bawang bombay, iris halus
  • 1 siung bawang putih, memarkan
  • 2 cm jahe, parut lembut
  • 25 ml bumbu teriyaki instant
  • 2 sdm minyak sayur

Cara membuat ayam/chicken teriyaki:


  1. Cucilah daging ayam hingga benar-benar bersih, kemudian tiriskan air bekas bilasan. iris ayam dengan ukuran +/- 3x3 cm, selanjutnya baluri dengan bumbu teriyaki instant yang sudah Anda beli sebelumnya, biarkan selama kurang lebih 10 menit agar bumbu meresap sempurna.
  2. Panaskan minyak sayur, kemudian tumis bawang bombay, bawang putih serta jahe hingga tercium aroma harum.
  3. Masukkan ayam yang telah dipotong dan dibaluri saus teriyaki tadi, masak hingga matang dan bumbu terlihat mengental.
  4. Ayam goreng saus teriyaki siap dihidangkan selagi hangat.


Nah membuat ayam goreng saus teriyaki ini sangat sederhana dan gampang sekali bukan. Anda tidak harus repot membuat saus teriyaki sendiri karena sudah banyak dijual di toko makanan dan supermarket di sekitar. Sekarang saatnya Anda menyantap masakan ayam goreng saos teriyaki yang telah dibuat tadi bersama keluarga dan orang-orang tersayang. Membuat sendiri masakan ayam ala Jepang sangat mengasyikkan dan tentunya tidak perlu pakai ribet karena Chef Ayam telah memberikan resep dan cara membuat ayam goreng saos teriyaki sederhana dan nikmat.

OK cukup sekian Chef Ayam memberikan petunjuk step by step membuat chicken teriyaki, Anda bisa mengeksplor lebih tentang macam-macam masakan ayam nusantara atau mancanegara hanya di http://chefayam.blogspot.co.id Semoga bermanfaat!