Resep dan Cara Membuat Ayam Panggang Oven Pedas Sederhana

No Comments

Resep dan cara membuat ayam panggang oven pedas - Sudah biasa tentunya apabila masyarakat Indonesia menyukai masakan yang pedas dan manis, seperti halnya untuk masakan ayam. Hampir setiap makanan atau masakan terasa kurang greget kalau dinikmati tanpa menggunakan cabai agar terasa pedas. Hal tersebut sudah menjadi kebiasaan turun temurun dari jaman dahulu, oleh sebab itu apabila saat Lebaran harga cabai selalu melonjak tajam. Karena saat lebaran banyak masyarakat muslim di Indonesia akan membuat makanan serta masakan untuk hidangan di kala lebaran tiba. Hidangan atau masakan yang biasa ada saat lebaran biasanya tidak jauh dari bahan dasar ayam seperti opor ayam, semur ayam, ayam goreng, dan masih banyak lagi masakan ayam lainnya dan tentunya dengan bumbu pedas.

cara membuat ayam panggang oven pedas tangkring

Nah, tidak ada salahnya juga apabila saat lebaran tiba nanti kita membuat masakan ayam yang sedikit beda, tidak hanya terpaku pada opor ayam yang menjadi hidangan wajib saat Idul Fitri. Masakan ayam panggang oven pedas manis bisa menjadi alternatif hidangan di saat hari kemenangan tiba. Cara membuat masakan ayam panggang oven pedas inipun tergolong sederhana, mudah dan bisa dilakukan sendiri tanpa harus pesan dari restoran yang biasanya dihargai super mahal saat lebaran. Anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah tanpa susah susah. Berikut bahan serta panduan step by step cara membuat ayam panggang oven pedas yang nikmat. 

Bahan Membuat Ayam Panggang Oven Pedas :


  •     10 potong daging ayam
  •     1 sdm air jeruk nipis
  •     1 sdt garam
  •     5 lbr daun mangkokan, iris tipis
  •     1 lbr daun kunyit, iris tipis
  •     200 ml santan dari ½ btr kelapa
  •     1 sdm garam


Bumbu Yang Dihaluskan:


  •     10 bh cabai merah
  •     8 bh bawang merah
  •     3 siung bawang putih
  •     4 bh kemiri
  •     1 bh tomat
  •     2 cm kunyit
  •     1 cm jahe

Step by Step Cara Membuat Ayam Panggang Oven Pedas :


  1.     Lumuri daging ayam dengan air jeruk nipis dan garam. Diamkan 15 menit.
  2.     Masukkan santan ke dalam wajan, tambahkan bumbu halus. Masak sambil diaduk hingga bumbu matang.
  3.     Tambahkan potongan daging ayam, garam, daun mangkokan, dan daun kunyit iris. Aduk hingga kuah mengental dan bumbu meresap.
  4.     Oven daging ayam hingga harum. Angkat, hidangkan dengan nasi hangat.

Nah bahan serta cara membuat ayam panggang oven pedas ini sangat mudah bukan. Bagi kaum ibu-ibu tentunya tidak akan mengalami kerepotan yang berarti apabila mengikuti petunjuk step by step di atas. Untuk kreasi atau tambahan bumbu serta hiasan itu merupakan kreatifitas masing-masing. Anda bisa menambahkan berbagai macam bumbu atau bahan agar terasa lebih sedap atau paling tidak sesuai keinginan Anda dan keluarga.

Mungkin bagi ibu-ibu yang berjiwa bisnis, masakan ayam panggang oven utuh pedas ini bisa menjadi inspirasi tersendiri untuk membuak restoran atau sekedar menerima pesanan nasi box untuk kantor dan acara-acara tertentu. Jika Anda cukup jeli dalam melihat situasi dan kondisi masyarakat saat ini tentu semua bisa menjadi ladang penghasilan tambahan.

Semoga artikel tentang resep dan cara membuat ayam panggang oven pedas yang saya tulis ini bisa merangsang kreatifitas memasak bagi Anda semua di rumah, untuk dinikmati sendiri bersama keluarga atau untuk inspirasi bisnis dan peluang usaha restoran, semua terserah Anda. Saya rasa semua itu sangat bermanfaat untuk Anda dan temukan berbagai macam masakan ayam lainnya di blog ini untuk dicoba dirumah.