Resep dan Cara Membuat Kari Ayam Spesial dan Nikmat

No Comments
Resep kari ayam spesial yang akan kita praktekkan berikut merupakan warisan nenek moyang tempo dulu. Hmmm ,,, memang sudah dari jaman dulu kari ayam menjadi salah satu makanan favorit orang Indonesia. Cara membuatnya pun bisa dibilang sangat mudah dan tidak terlalu ribet. Siapapun bisa membuat masakan kari ayam ini di rumah. Yang Anda perlukan hanyalah mengikuti semua petunjuk yang ada di sini. Baiklah mari kita simak cara membuat kari ayam berikut.

cara membuat kari ayam spesial
Kari Ayam

Bahan- bahan yang diperlukan untuk membuat kari ayam:

1. 1 ekor ayam berukuran sedang, potong menjadi beberapa bagian sesuai selera
2. 200 ml santan kental
3. minyak goreng secukupnya untuk menumis
4. 2 sdm bumbu kari bubuk
5. 1 sdt garam
6. 1 sdt gula
7. 1 bungkus penyedap rasa (sesuai selera)

Bumbu kari ayam yang dihaluskan:

1. 4 buah cabai merah ukuran besar
2. 2 buah cabai rawit merah (untuk menambah rasa pedas bisa ditambah sesuai selera)
3. 1 ruas lengkuas
4. 1 ruas jahe
5. 8 siung bawang putih
6. 10 siung bawang merah
7. 1 batang serai, ambil hanya bagian putihnya saja, iris halus blender dengan bumbu-bumbu di atas. sisa batangnya dikeprak

Cara membuat:

1. tumis bumbu-bumbu yang telah dihaluskan tadi hingga berbau harum beserta serai yang dikeprak. Tumis kembali sampai bumbu terlihat agak kering dan aromanya harum kemudian masukkan bumbu kari dengan ditambah sedikit air. Aduk hingga rata dan berwarna kuning kemerahan.
2. Masukkan ayam yang telah dipotong-potong, aduk merata sampai ayam berubah warna. Diamkan sebentar, setelah beberapa menit tambahkan santan, gula, garam, dan penyedap rasa. Aduk kembali hingga rata.
3. Panaskan dengan api kecil sampai beberapa saat agar bumbu meresap sempurna ke dalam daging ayam. Aduk sesekali agar lebih merata matangnya.
4. Setelah dirasa cukup matikan api, dan masakan kari ayam siap dihidangkan.

Untuk penyajian, lebih nikmat apabila dihidangkan ketika masih hangat. Semoga resep kari ayam spesial berikut bisa bermanfaat bagi Anda semua di rumah maupun di mana saja. Sering-seringlah mampir ke blog ini untuk ekplorasi masakan yang lain, yang tentunya semua dengan bahan dasar ayam.